Dokter Saddam Ismail
AMANAH INDONESIA -- Menjaga kesehatan ginjal adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Ginjal merupakan organ vital yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, kalau ginjal rusak berarti tidak bisa menjalankan fungsinya lagi dengan normal.

Dokter Saddam Ismail mengungkapkan sebagai organ vital, ginjal yang memiliki berbagai fungsi. 

"Fungsinya seperti membuang kelebihan cairan, membuang metabolisme, membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh kita, gas beracun," ungkapnya dikutip dari YouTube Saddam Ismail, Senin (23/10/2023). 

Saddam Ismail merinci, ginjal itu ada dua, yakni di kanan dan kiri yang bentuknya seperti kacang. Untuk menjaga kesehatan ginjal, beber dia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya mecukupi kebutuhan cairan. "

Lebih jauh, bebernya, banyak orang yang tidak tahu dengan memenuhi kebutuhan cairan, bisa menjadi salah satu cara alami menjaga kesehatan ginjal. 

"Pakai cara yang mudah tapi banyak disepelekan," jelasnya.

Menurutnya,  banyak orang yang hanya minum ketika haus, banyak orang yang hanya minum  ketika sehabis makan, padahal kita harus mencukupi kebutuhan cairan kita," urainta. 

Dengan memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh, akan mempermudah ginjal dalam menyaring darah dan membuang zat beracun. 


Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi air yang cukup membantu dalam menyeimbangkan mineral dan air di tubuh. 

"Nah jadi ginjal itu memegang peranan penting juga menjaga keseimbangan air dan mineral di dalam tubuh,"jelas Dokter Saddam Ismail. 

Dengan keseimbangan air dan mineral itu, fungsi otot dan syaraf bisa bekerja dengan normal. 


"Jadi tubuh teman-teman itu bisa bekerja dengan normal. Intinya dengan mencukupi kebutuhan cairan ataupun air minum tadi, itu mempermudah kerja ginjal," urainya.  

dokter Saddam Ismail juga mengingatkan jangan minum secara berlebihan. Pasalnya, ginjal bekerja terlalu berat untuk membuang kelebihan cairan. "Minumnya dua liter saja per harinya," sarannya.